In Bukit Pemandangan wisata

Bukit Plalangan Arosbaya (Bukit Kapur) di Dusun Plebunan Barat Desa Berbeluk

Di desa Berbeluk tepatnya di Dusun Plebunan barat memiliki tempat wisata yang tak asing bagi wisatawan atau bagi warga desa Berbeluk ini. Wisata Bukit Plalangan namun biasa kita kenal dengan sebutan Bukit Kapur Arosbaya ini sudah ada sejak dulu namun bentuknya sudah jauh berbeda dengan sekarang. Dahulu sekitar kurang lebih 30tahun yang lalu Bukit ini terkenal dengan nama Bukit Plalangan dengan kondisi yang datar, namun selang beberapa waktu sang pemilik Bukit Plalangan ini menambang area tersebut sehingga tampak seperti gambar diatas.
Bukit Plalangan mempunyai cerita yang diyakini merupakan bukit yang melerai dua gunung (orang madura menyebut bukit dengan sebutan gunung) yang sedang bertengkar yakni Gunung Conggrang yang berada di Kecamatan Gegger dan Gunung Tokotok yang berada di Kecamatan Klampis. Penamaan Bukit Plalangan ini diambil dari cerita tersebut "Alang-lang" yang dalam bahasa Madura artinya Melerai sehingga dinamai Bukit Plalangan. Cerita tersebut dapat dibuktikan dengan melihat langsung pemandangan 2 gunung dan bukit tersebut dari Dusun Pejeran yang merupakan dataran tinggi di desa Berbeluk. Gunung Conggrang nampak condong ke utara dan dilerai dengan Bukit Plalangan yang agak condong ke Selatan, dan Gunung Tokotok juga condong ke utara.
Bukit Plalangan ini dalam Pemerintah Daerah Bangkalan dicatat dengan nama Bukit Koneng (kuning) yang diajukan oleh Bapak Andi Kurniawan selaku Ketua Karang Taruna Desa Berbeluk, karena bukit tersebut bukan bukit kapur yang putih, namun cenderung berwarna kuning. Penamaan yang lebih familiar Bukit Kapur Arosbaya ini ada karena bawaan dari Bukit Jeddih (bukit kapur) yang lebih populer dan ada di Bangkalan sehingga penamaan dalam media sosial para wisatawan lebih populer dengan nama "Bukit Kapur Arosbaya" daripada nama asli dari Bukit tersebut.
Sumber:
Kasi Pemerintahan/Sekretaris Desa (Careg) Bapak Badrut Tamam

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Pengikut

Arsip Blog

About

Recent comments

Popular Posts

Most Popular